DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI
KPPBC TMP A BEKASI

KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
Berita

*Bea Cukai Bekasi Menghadiri Wisuda Institut STIAMI yang angkatan 37* “Mencari pasangan sayap”

23 August 2019

Ada pepatah bijak yang bilang bahwa hidup itu mesti berpasangan. Bahwa sayap yang satunya mesti dicari sehingga kita bisa terbang tinggi. Bahwa hidup lebih berdaya guna jika dikerjakan bersama dan saling melengkapi.  Jika digali lebih dalam lagi pepatah bijak ini sangat besar maknanya dalam hidup bernegara yang terdiri dari masing-masing komunitas  dengan tugas dan fungsi yang khas dan berbeda-beda.

Bea Cukai Bekasi  mencoba mengartikan pepatah bijak ini dengan membuka diri bekerja sama dengan masyarakat dalam hal ini dunia pendidikan. Berawal dari kegiatan Customs Goes to Campus yang dilakukan Bea Cukai Bekasi  ke Institut STIAMI kampus Bekasi, menghasilkan keinginan untuk menjalin kerjasama yang lebih intens lagi untuk hasil yang lebih besar bagi dunia pendidikan dan bagi Bea Cukai .

Berkaitan dengan hal tersebut, Bea Cukai Bekasi diundang menghadiri acara wisuda Institut STIAMI angkatan ke 37 yang bertempat di Balai Samudra, Kelapa Gading, Jakarta Utara pada tanggal 22 Agustus 2019. Wisuda yang menghasilkan lebih dari 800 wisudawan mulai dari program vokasi sampai dengan program magister berlangsung khidmat dan tertib ini memberi banyak pesan dan semangat bagi para hadirin. Tema wisuda kali ini adalah “ Perguruan Tinggi Sebagai Pusat Peradaban Dalam Membangun Bangsa” .

Dalam sambutannya, Dr. Ir. Panji Hendrarso, MM  Rektor Institut STIAMI mengatakan bahwa tema hari kemerdekaan Indonesia yang ke 74 yaitu “SDM Unggul Indonesia Maju” sangat berkaitan erat dengan kegiatan wisuda kali ini. Selanjutnya dikatakan Indonesia sedang bersiap memasuki era bonus demografi yang akan menjadi kesempatan emas bagi bangsa ini untuk bisa mencapai bangsa yang lebih maju dan mandiri. Untuk bisa memaksimalkan bonus demografi ini, SDM harus dibekali dengan peningkatan kualitas dan keterampilan. Kompetensi intelektual menuju budi pekerti yang baik merupakan hal yang tidak bisa ditawar lagi.

Prof Dr Illah Sailah sebagai perwakilan dari Kemenristekdikti juga memberikan sambutan di sesi berikutnya. Dikatakan SDM yang unggul adal SDM memiliki keunggulan dalam Communication, Collaboration, Critical Thinking, Creativity, dan Leadership. Prof Illah juga menekankan bahwa untuk memiliki kemampuan leadership yang baik tidaklah mesti mempunyai bawahan. Menerapkan leadership terhadap diri sendiri juga menjadi tolok ukur kualitas indikator ini.

Pesan-pesan di atas memberi suatu tantangan bagi Bea Cukai untuk bisa berkontribusi dengan berkolaborasi dalam kegiatan-kegiatan akademis yang berkaitan dengan ilmu Kepabeanan dan Cukai. Dan bisa jadi ini adalah salah satu sayap yang diperlukan Bea Cukai untuk bisa terbang tinggi.

#BeaCukaiMakinBaik

#BeaCukaiBekasiBisa

#SDMUnggulIndonesiaMaju


Berita Lainnya



   Hak Cipta KPPBC Tipe Madya Pabean A BEKASI @2016
Jalan Sumatera Blok D-5, Kawasan Industri MM2100, Cikarang Barat, Bekasi