DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI
KPPBC TMP A BEKASI

KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
Berita

Ciptakan keseimbangan antara kebutuhan jasmani dan rohani, Bea Cukai Bekasi mengadakan peringatan Isra Mi’raj

09 April 2019

Kegiatan Bea Cukai Bekasi dalam rangka memperingati momen bersejarah bagi umat Islam yaitu mengenang perjalanan panjang  Nabi Besar Muhammad SAW dalam menerima perintah ibadah Shalat 5 waktu berlangsung khidmat dan meriah. Peringatan Isra Mi’raj kali ini bertema “Memetik Hikmah Isra Mi’raj dan Aplikasinya dalam Segala Aspek Kehidupan”. Acara tersebut diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai muslim Bea Cukai Bekasi. Selain itu acara juga dihadiri oleh perwakilan dari KPP Madya Bekasi, KPP Cikarang, dan Kantor Bea Cukai Cikarang. Pembacaan lantunan ayat suci Al-Qur’an oleh Anggie Febriani dan sebagai saritilawah oleh  Febriani Roshinatul Iman menjadi awal dibukanya acara tersebut.

Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Kantor Bea dan Cukai, Hatta Wardhana. Pada kesempatan tersebut Hatta menyampaikan bahwa peran serta setiap manusia berbeda-beda dalam berjuang menegakkan agama, sebagai contoh : seorang ustadz menegakkan agama dengan melakukan khutbah atau syiar, seorang guru menegakkan agama dengan memberikan pembelajaran dan menanamkan budi luhur, sedangkan sebagai aparat Bea Cukai salah satu cara menegakkan agama adalah dengan bekerja secara profesional dan menjaga integritas. 

Pada kesempatan ini juga diisi informasi dari BSM Cabang Bekasi. Pemaparan dengan tema  “ Ada Hikmah di Setiap Transaksi” disampaikan oleh Muhammad Nuzuar selaku Kepala Cabang BSM Bekasi. Pemaparan informasi terkait perbankan syariah ini berguna bagi pegawai untuk menabah informasi dan wawasan dalam pengelolaan keuangan yang terencana. 

Acara inti dalam peringatan Isra Mi’raj dikemas dalam bentuk  talkshow. Hadir selaku moderator yaitu Andry Idriyan Syara dengan menghadirkan pembicara utama yaitu  Ustadz DR. Oni Sahroni Lc. MA. Kehadiran Ustadz Oni  sangat istimewa bagi Bea Cukai Bekasi karena bisa secara langsung mendengar pemaparan dari Doktor pertama di Indonesia di Bidang Fiqh Muqarin.

Pada kesempatan tersebut ustadz Oni menyampaikan  bahwa Isra dan Mir’aj erat kaitannya dengan perintah sholat yang diterima oleh nabi Muhammad SAW, oleh karenanya upaya upaya perlu dilakukan dalam mencapai kualitas ihsan dalam sholat. Usaha yang dapat dilakukan atau disebut  pra kondisi  sholat, antara lain : senantiasa mengingat Allah SWT, meninggalkan sejenak segala macam persoalan duniawi, beristighfar, dan memahami bacaan-bacaan sholat itu sendiri.

Tidak hanya membahas tentang Isra Mi’raj , ustadz Oni juga mengulas tentang “Pendapatan dan Riba”.   Di keseharian aktivitas di dalam interaksi antar manusia tidak disadari kita sering melakukan perbuatan riba. Ustadz Oni mengingatkan bahwa riba adalah tergolong ke dalam 70 dosa besar yang manusia.  Acara tersebut disambut sangat antusias oleh para peserta terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan .

Diharapkan dengan rangkaian kegiatan peringatan Isra Mi’raj ini dapat menambah pengetahuan dan menciptakan keseimbangan hingga terbentuk kehidupan yang ideal untuk seluruh pegawai  Bea Cukai Bekasi pada umumnya dan seluruh peserta yang hadir pada umumnya.

#beacukaimakinbaik
#bcbekasibisa
#salamsbs


Berita Lainnya



   Hak Cipta KPPBC Tipe Madya Pabean A BEKASI @2016
Jalan Sumatera Blok D-5, Kawasan Industri MM2100, Cikarang Barat, Bekasi