DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI
KPPBC TMP A BEKASI

KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
Berita

DIRJEN BEA CUKAI: PETUGAS HANGGAR UJUNG TOMBAK BEA CUKAI, HARUS JAGA INTEGRITAS

13 May 2016

BEKASI –  Direktur Jenderal Bea Cukai Heru Pambudi menyampaikan tiga paket kebijakan Tempat Penimbunan Berikat (TPB) yaitu pemberian uang detasering, tata laksana atau prosedur yang baru untuk TPB, dan penegakan integritas pegawai, di sela-sela acara Internalisasi Program Peningkatan Kinerja Pegawai di Tempat Penimbunan Berikat di Aula Cibitung, Kantor Bea Cukai Bekasi, Rabu (11/05).

Pada sambutannya, Heru Pambudi menekankan kepada pegawai yang bekerja di hanggar bahwa sebagai ujung tombak Bea Cukai yang bersinggungan langsung dengan stakeholder, diharapkan pegawai memiliki integritas tinggi dan selalu menjaga nama baik Bea Cukai. Ada beberapa pilar atau aspek yang harus dipastikan berada pada jalan yang benar. Pertama, bisnis proses yang bagus dalam arti tidak ada kendala yang tidak perlu. Kedua, Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Di pilar SDM sendiri ada dua faktor yang penting yang perlu diperhatikan, yaitu apa yang menjadi hak dan tanggung jawab.

“Kalau dari segi hak sebagai pegawai sudah dipenuhi pemerintah, tentu tanggung jawab harus dilaksanakan dengan baik. Untuk itu, pertama Kepala Hanggar dituntut agar dapat memahami rambu-rambu dan peraturan yang berlaku. Kedua, berikan pelayanan terbaik yang menjadi hak stakeholder. Ketiga, bersama-sama dengan aparat penegak hukum, kementerian/lembaga serta organisasi lain mendorong kemajuan negara agar dapat unggul di Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Keempat, jangan sampai melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan aturan,” tegas Heru.

Pilar-pilar yang dicanangkan Heru ini akan diimplementasikan secara bersamaan untuk semua lini, baik di bandar udara, pelabuhan laut, maupun di wilayah darat. Tujuannya agar Bea Cukai dapat menerapkan prinsip-prinsip manajemen modern yang salah satunya adalah melaksanakan program penghargaan dan pengenaan sanksi.

Acara internalisasi yang dihadiri para Kepala Kantor dan Kepala Hanggar wilayah Jakarta, Banten, dan Jawa Barat ini juga diisi dengan penyampaian materi tiga paket kebijakan TPB oleh Direktur Fasilitas Kepabeanan Robi Toni, Sekretaris Direktorat Jenderal Kushari Suprianto, dan Direktur Kepatuhan Internal Hendra Prasmono.

Sebagai penutup acara diadakan seremonial pemberian penghargaan kepada 13 orang Kepala Hanggar dengan kinerja terbaik di wilayah Jakarta, Banten, dan Jawa Barat yang diajukan masing-masing kantor.


Berita Lainnya



   Hak Cipta KPPBC Tipe Madya Pabean A BEKASI @2016
Jalan Sumatera Blok D-5, Kawasan Industri MM2100, Cikarang Barat, Bekasi