DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI
KPPBC TMP A BEKASI

KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
Berita

Penuhi Komitmen Fokus Kawasan Berikat Mandiri, Bea Cukai Bekasi Awali Rangkaian Asistensi

21 August 2019

“Indikator keberhasilan IT inventory adalah 3/4 Kawasan Berikat, menjadi Kawasan Berikat Mandiri” itulah yang ditekankan oleh Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Heru Pambudi. Untuk memenuhi target yang sudah disampaikan oleh Direktur Jenderal, seluruh unit organisasi dibawah DJBC terutama yang fokus utama pengawasan dan pelayanannya adalah fasilitas Kawasan Berikat,  berkomitmen untuk mengawal KB yang sudah memenuhi kriteria menuju KB Mandiri.

Bea Cukai Bekasi sudah menargetkan 11 perusahaan yang dinyatakan “layak”untuk menjadi Kawasan Berikat Mandiri. Tidak hanya melakukan uji kelayakan, Bea Cukai Bekasi terus melakukan pengawalan terhadap 11 calon Kawasan Berikat Mandiri dengan melakukan Asistensi.

Rangkaian kunjungan asistensi tersebut dilakukan sejak  hari senin (19/08) hingga jumat (23/08), diawali dengan PT Skyworth Indonesia dan PT Armstrong Industri Indonesia. Disampaikan dalam asistensi bahwa dengan ditetapkan suatu perusahaan menjadi Kawasan Berikat Mandiri, maka tidak ada lagi pengawasan secara langsung oleh pihak Bea Cukai di lokasi pabrik kecuali ketika pelayanan pabean mendapat random jalur merah.  Kegiatan yg selama ini dilakukan  oleh atau dibawah pengawasan petugas Bea Cukai  kini dapat dilakukan secara mandiri oleh perusahaan KB, seperti pelekatan & pelepasan tanda pengaman bea dan cukai, pemasukan, pembongkaran, penimbunan barang juga pemuatan, pengeluaran barang secara mandiri.

Tentunya fasilitas dan kewenangan yang diberikan pada perusahaan KB Mandiri akan melancarkan proses pelayanan karena dapat dilakukan 24/7 tanpa ketergantungan pada petugas Bea dan Cukai juga dapat meningkatkan tingkat kepatuhan perusahaan itu sendiri.

 

#beacukaimakinbaik
#beacukaibekasibisa


Berita Lainnya



   Hak Cipta KPPBC Tipe Madya Pabean A BEKASI @2016
Jalan Sumatera Blok D-5, Kawasan Industri MM2100, Cikarang Barat, Bekasi