DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI
KPPBC TMP A BEKASI

KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
Berita

PRESS CONFERENCE PEMUSNAHAN BARANG HASIL PENINDAKAN BEA CUKAI

15 March 2017

BEKASI -  KAMIS, 16 Februari 2017

Bea Cukai kian gencar melakukan pengawasan dan penegakan hukum di bidang kepabeanan dan cukai. Upaya intensif yang dilakukan Bea Cukai, baik melalui pengawasan administrasi maupun fisik, terbukti mebuahkan hasil yang cukup memuaskan, seperti aksi KPPBC TMP A Bekasi yang menggelar pemusnahan barang hasil penindakan tahun 2015 dan 2016, berupa 1,5 juta batang rokok illegal, bahan kimia cair sebanyak 11 karton dan 1.911 botol minuman mengandung etil alkohol (minuman keras) , dimana potensi kerugian negara yang dihindari senilai Rp. 286.361.000.

Kepala KPPBC TMP A Bekasi dalam sambutan pembukaan menjelaskan bahwa rokok ilegal dan minuman keras yang dimusnahkan merupakan barang kena cukai yang tidak sesuai dengan Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2007 tentang Cukai yaitu yang tidak dilekati pita cukai. Atas penindakan ini, Kementerian Keuangan melalui Bea Cukai selain berperan dalam mengamankan penerimaan negara di bidang cukai, sektor industri dalam negeri, dan kesehatan masyarakat. Karena peredaran minuman keras dan rokok ilegal, tidak hanya merugikan secara ekonomi, namun juga terbukti dapat membahayakan kesehatan masyarakat.

Hal ini disebabkan antara lain karena produsen tidak mematuhi peraturan pemerintah terkait pemasangan Peringatan Kesehatan Bergambar dan ada kemungkinan rokok tersebut tidak lolos uji tar, sehingga informasi bahaya merokok dan kandungan berbahaya di dalamnya tidak tersampaikan kepada masyarakat. Dan hal yang paling mengkhawatirkan adalah minuman keras dan rokok ilegal berpotensi untuk meningkatkan jumlah peminum, perokok dan perokok pemula karena murahnya harga di pasaran di bawah harga normal.

Pelaksanaan pemusnahan ini juga dilakukan setlah atas barang tersebut mendapat putusan pengadilan atas barang bukti dirampas oleh Negara dan dimusnahkan oleh Bea Cukai disaksikan oleh Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi.

Keberhasilan ini juga tidak lepas dari sinergi yang baik antara Bea Cukai Bekasi dengan Kejaksaan , KPKNL , POLRI, TNI dan Instansi terkait lainnya.


Berita Lainnya



   Hak Cipta KPPBC Tipe Madya Pabean A BEKASI @2016
Jalan Sumatera Blok D-5, Kawasan Industri MM2100, Cikarang Barat, Bekasi