DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI
KPPBC TMP A BEKASI

KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
Berita

Sosialisasi Kode Billing Bea Cukai Bekasi Tahap II

19 February 2016

Perkembangan teknologi yang semakin cepat telah menuntut Kementerian Keuangan untuk berkembang lebih jauh lagi, salah satu inovasi mumpuni adalah dengan penerapan sistem pembayaran kepada negara dengan menggunakan kode billing (Billing System).

Penerapan sistem kode billing berlaku bagi seluruh Direktorat setingkat Eselon I di Kementerian Keuangan, tidak hanya Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dan Direktorat Jenderal Pajak. Penerapan kode billing ini diharapkan efektif diterapkan diseluruh Indonesia pada 01 Januari 2016.

Pada hari Rabu dan Kamis, 18 dan 19 Nopember 2015 KPPBC TMP A Bekasi telah melaksanakan Sosialisasi Pelaksanaan Uji Coba MPN G2 dengan menggunakan kode billing Tahap II. Rangkaian sosialisasi ini dilakukan kepada seluruh perusahaan TPB yang berada di wilayah kerja KPPBC TMP A Bekasi yang belum tertampung pada Sosialisasi serupa pada tahap I. Pada hari Rabu, 18 Nopember 2015 sosialisasi ini dihadiri oleh 100 Undangan Perusahaan TPB dan pada hari Kamis, 19 Nopember 2015 dihadiri oleh 92 Undangan Perusahaan TPB . Acara ini dibuka oleh Achmad Fairus selaku Plh.Kepala KPPPBC TMP A Bekasi, sekaligus juga dihadiri oleh Kepala Seksi Perbendaharaan, Kepala Seksi PLI, Kepala Seksi PDAD, Kepala Seksi Otomasi Sistem dan Prosedur Impor dan Ekspor Direktorat IKC, KaSubsi Layanan Informasi, KaSubsi Penyuluhan, dan beberapa Pelaksana.

Tepat pukul 08.00 WIB,  Aula Cibitung KPPBC TMP A Bekasi sudah dipenuhi para peserta sosialisasi. Acara diawali dengan penayangan film pendek KPPBC TMP A Bekasi, dilanjutkan pembukaan kegiatan secara resmi oleh Plh.kepala KPPBC TMP A Bekasi kemudian pemaparan materi oleh Budi Kristanto terkait dengan sistem penerimaan negara MPN G2, dilanjutkan materi dari Chandra Soerjowibowo terkait simulasi pembayaran dengan menggunakan kode billing,dan terakhir materi singkat sekaligus sesi tanya jawab oleh Ernawan Tri Cahyono.

Ada yang berbeda dalam pelaksanaan sosialisasi kali ini, dimana kami melibatkan nara sumber dari pengguna jasa yang telah menerapkan sistem pembayaran dengan menggunakan kode billing ini. Satu sesi diberikan kepada  nara sumber dari PT Sansyu, PT Nihon Seiki dan PT Furukawa untuk dapat berbagi pengalaman, meyakinkan kepada para perwakilan perusahaan yang lain bahwa banyak hal positif yang didapat apabila perusahaan melakukan pembayaran dengan menggunakan sistem kode billing ini. Selain berbagi pengalaman, narasumber tersebut juga memberi masukan kepada bea cukai terkait kendala yang dihadapi guna menuju kesempurnaan penerapan sistem pembayaran ini.

Selain itu, dalam sosialisasi ini juga, para peserta sosialisasi melakukan simulasi langsung yang dipandu langsung oleh Kepala Seksi PDAD dengan harapan nantinya mereka tanpa kesulitan melakukannya di perusahaan masing-masing. Dan di sesi tanya jawab, banyak diantara para peserta sosialisasi yang melontarkan pertanyaan-pertanyaan kepada narasumber terkait materi sistem pembayaran tersebut.

Secara keseluruhan , pelaksanaan dua hari Sosialisasi ini berlangsung sangat efektif  dan informatif karena sebagian besar para peserta Sosialisasi ini memang belum mengetahui tentang sistem ini.

Sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor KEP-124/BC/2015 tentang Pelaksanaan Uji Coba Tata Cara Penyetoran Penerimaan Negara atas  Barang Kena Cukai dan Pelayanan Kepabeanan dan Cukai di Tempat Penimbunan Berikat dengan Menggunakan Kode Billing di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean A Bekasi yang mulai berlaku pada tanggal 26 Agustus 2015. Penyetoran Penerimaan Negara  atas barang kena cukai dan pelayanan pelayanan atas kepabeanan dan cukai di tempat penimbunan berikat dengan menggunakan kode billing meliputi: Bea masuk, Cukai, PPN Impor, PPh pasal 22 impor, PPnBM impor, Sanksi administrasi berupa denda dan Bunga.

Penggunaan sistem kode billing ini diharapkan dapat membantu para pimpinan di Kementerian Keuangan atau Direktorat setingkat eselon I dibawahnya untuk mengetahui data penerimaan secara realtime  dan membantu dalam pembuatan keputusan atau kebijakan.


Berita Lainnya



   Hak Cipta KPPBC Tipe Madya Pabean A BEKASI @2016
Jalan Sumatera Blok D-5, Kawasan Industri MM2100, Cikarang Barat, Bekasi