DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI
KPPBC TMP A BEKASI

KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
Logo DJBC

LOGO DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI

DASAR HUKUM : KEPUTUSAN MENTERI KEUANGAN RI
No : 52/KMK.05/1996 TANGGAL 29 JANUARI 1996

LUKISAN

  • segi lima dengan gambar laut, gunung, dan angkasa di dalamnya;

  • Tongkat dengan ulir berjumlah 8 di bagian bawahnya;

  • Sayap yang terdiri dari 30 sayap kecil dan 10 sayap besar;

  • Malai padi berjumlah 24 membentuk lingkaran.

 

MAKNA

  • Segi lima melambangkan negara R.I. yang berdasarkan Pancasila;

  • Laut, gunung dan angkasa melambangkan Daerah Pabean Indonesia, yang merupakan wilayah berlakunya Undang-undang Kepabeanan dan Undang-undang Cukai;

  • Tongkat melambangkan hubungan perdagangan internasional R.I. dengan mancanegara dari/ke 8 penjuru angin;

  • Sayap melambangkan Hari Keuangan R.I. 30 Oktober dan melambangkan Bea dan Cukai sebagai unsur pelaksana tugas pokok Kementerian Keuangan di bidang Kepabeanan dan Cukai;

  • Lingkaran Malai Padi melambangkan tujuan pelaksanaan tugas Bea dan Cukai adalah kemakmuran dan kesejahteraan bangsa Indonesia.

 

WARNA

Disesuaikan dengan warna dasar dan penggunaanya.

 

LOGO BEA CUKAI BEKASI

 

DASAR HUKUM : KEPUTUSAN KEPALA KANTOR KPPBC TMP A BEKASI

No : 03/WBC.09/KPP.MP.01/2018 TANGGAL 04 JANUARI 2018

 

MAKNA

 1. Terdapat Logo Direktorat Jenderal Bea dan Cukai yang berada di tengah memiliki arti bahwa visi misi DJBC tetap menjadi pusat dan pedoman KPPBC TMP A Bekasi dalam menjalankan tugas.

 2. Bentuk gear merupakan ciri khas dari KPPBC TMP A Bekasi sebagai bagian dari masyarakat industri yang notabene menjalankan tugas sebagai Industrial Assistance.

 3. ISO 9001;2015 memberikan bukti bahwa KPPBC TMP A Bekasi telah bekerja sesuai dengan standar internasional yang telah ditetapkan sebagai bentuk upaya untuk terus meningkatkan kualitas kinerja pegawai demi terwujudnya visi dan misi kantor.

 4. Bentuk bintang dan sinar di belakangnya merupakan harapan dan goal KPPBC TMP A Bekasi agar selalu menjadi teladan dan role model bagi kantor-kantor lainnya. Juga terhadap 5 (lima) sudut yang terdapat pada bintang mengartikan bahwa pegawai KPPBC TMP A Bekasi selalu menjunjung tinggi 5 (lima) nilai Kementerian Keuangan dalam bekerja; yaitu Integritas, Profesionalisme, Sinergi, Pelayanan, Kesempurnaan.

 5. Tulisan "Berkompeten Integritas Sinergi Amanah" merupakan motto KPPBC TMP A Bekasi yang diharapkan dapat membakar semangat pegawai kantor dalam mewujudkan visi misi kantor.

 6. Warna emas bermakna kebanggan, penghargaan, dan kepercayaan diri pegawai kantor KPPBC TMP A Bekasi yang senantiasa bekerja demi terwujudnya visi dan misi kantor.

 7. Tulisan "BC Bekasi" pada bagian bawah merupakan nama sekaligus identitas kantor.




   Hak Cipta KPPBC Tipe Madya Pabean A BEKASI @2016
Jalan Sumatera Blok D-5, Kawasan Industri MM2100, Cikarang Barat, Bekasi