DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI
KPPBC TMP A BEKASI

KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
Berita

Bea Cukai Bekasi Lakukan Pemeriksaan Lokasi untuk Pembuatan NPPBKC

07 November 2019

Barang Kena Cukai yang ada di Indonesia meliputi etil alkohol atau etanol, minuman yang mengandung etil alkohol (MMEA), dan produk hasil tembakau. Dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 66/PMK.04/2018 disebutkan setiap orang yang menjalankan kegiatan sebagai Pengusaha Pabrik, Pengusaha Tempat Penyimpanan, Importir Barang Kena Cukai, Penyalur, serta Pengusaha Tempat Penjualan Eceran diwajibkan untuk memiliki NPPBKC. Namun demikian, khusus untuk Penyalur serta Pengusaha Tempat Penjualan Eceran Barang Kena Cukai berupa etil alkohol atau minuman mengandung etil alkohol saja yang wajib memiliki NPPBKC. Artinya, Penyalur maupun Penjual produk hasil tembakau tidak diwajibkan untuk memiliki nomor tersebut.

SukaSuka adalah salah satu tempat karaoke yang ada di wilayah dibawah pengawasan Bea Cukai Bekasi. SukaSuka bermaksud menjadi Pengusaha Tempat Penjualan Eceran dengan diajukannya surat permohonan pembuatan NPPBKC pada Bea Cukai Bekasi. Pemeriksaan lokasi pada tanggal 06 November 2019 di gedung karaoke SukaSuka merupakan tindak lanjut dari surat permohonan yang telah dilayangkan. 

Pemeriksaan dilakukan pada ruang gudang calon tempat MMEA dan ruang-ruang karaoke. Sebelum melakukan pemeriksaan petugas Bea Cukai Bekasi dalam hal ini Yeheskiel C. P. (pelaksana pada seksi PKC) dan Kemas Tomi R. (pelaksana pada seksi P2) memberikan arahan terkait apa aja yang perlu disiapkan untuk mendapat NPPBKC. Setelah pemeriksaan telah dilaksanakan dilakukan juga sesi wawancara terkait data-data yang dibutuhkan. 

Setelah pemeriksaan lokasi dilakukan maka petugas Bea Cukai akan membuat berita acara pemeriksaan lokasi. Berita acara pemeriksaan ini diserahkan kepada pihak yang mengajukan permohonan maksimal dalam jangka waktu lima hari kerja. Berita acara yang diterima merupakan lampiran permohonan NPPBKC yang berlaku selama tiga bulan sejak tanggal berita acara pemeriksaan.

#BEACUKAIMAKINBAIK
#BEACUKAIBEKASIBISA

<

<

<

<


Berita Lainnya



   Hak Cipta KPPBC Tipe Madya Pabean A BEKASI @2016
Jalan Sumatera Blok D-5, Kawasan Industri MM2100, Cikarang Barat, Bekasi