DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI
KPPBC TMP A BEKASI

KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
Berita

Fasilitas KITE IKM sebagai Katalis Menuju Perekonomian Indonesia yang Berdaya Saing Tinggi

21 November 2019

(20/11/19) Industri Kecil dan Menengah (IKM) merupakan kelompok usaha yang potensial dan kuat karena berada di tengah-tengah masyarakat Indonesia dan sudah terbukti bisa survive pada saat perekonomian berada pada era krisis pada saat peralihan Orde Baru di tahun 1998. Dari data tercatat bahwa IKM mampu memberi kontribusi positif terhadap neraca perdagangan Indonesia dan rasio ekspor terhadap impor, serta menyumbang lebih dari 60% angka Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Selain itu, IKM juga mampu memberi multiplier effect lainnya seperti penyerapan tenaga kerja dan supply chain bahan baku dari petani serta pengusaha mikro lainnya yang terkait.

Dengan pengaruh besar terhadap perekonomian Indonesia, Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Bea dan Cukai membuat suatu kebijakan berupa  insentif fiskal bagi para pengusaha IKM, yaitu Fasilitas Fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor bagi IKM (KITE IKM). Tujuan dari fasilitas KITE IKM ini adalah untuk memberi kemudahan kepada para IKM yang berorientasi ekspor sehingga diharapkan bisa terus memberi kontribusi terhadap ekspor Indonesia dan dapat bersaing di pasar internasional.

Atas maksud tersebut, Bea Cukai Bekasi menginisiasi event dalam bentuk Focus Group Discussion (FGD) yang berlangsung pada Rabu, 20 November 2019 bertempat di Aula Cibitung Kantor Bea Cukai Bekasi dengan menghadirkan dengan menghadirkan 6 (enam) narasumber yaitu Tenaga Pengkaji Bidang Pengawasan dan Penegakan Hukum Kepabeanan dan Cukai, Nugroho Wahyu Widodo, Kepala Subdirektorat Fasilitas Impor Tujuan Ekspor Dit. Fasilitas Kepabeanan, Yamiral Azis Santoso, Kepala Seksi Penyuluhan dan Bimbingan Kantor Wilayah Pajak Jawa Barat  II Badaruzzaman, Plt. Kepala Bidang Penyelenggaraan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM, Agni Iswarani, Dosen Lektor PKN STAN Mohammad Fachrudin,  perwakilan dari e-commerce Shopee, Claudio Faldo, serta  perwakilan dari e-commerce  Blibli.com, Joan Anggraeni.

Dihadiri 70 IKM di lingkungan Kabupaten dan Kota Bekasi serta Pemerintah daerah terkait,  FGD yang mengusung tema ”Dukung Ekspor Indonesia Melalui Fasilitas KITE IKM, Upaya Menciptakan Perekonomian yang Berdaya Saing Tinggi” ini dibagi menjadi dua sesi diskusi panel yang dipandu oleh moderator yaitu Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Bekasi, Safianty Anwar. Sesi I merupakan materi tentang pengenalan tentang kebijakan fasilitas KITE IKM dan petunjuk teknis pengajuan permohonannya, serta bagaimana bisa sukses menembus pasar ekspor. Sesi II merupakan penyajian materi dan diskusi tentang hal-hal penunjang dari berbagai instansi dan unit yang concern terhadap IKM dan turut memikirkan bagaimana pengusaha IKM bisa berkembang dan menjadi eksportir yang mampu berdaya saing tinggi. 

FGD ini mendapat respon positif dari para peserta yang hadi dan berlangsung padat serta interaktif. Selain tanya jawab juga ada saran perlunya sinergi antar instansi yang memiliki program pembinaan maupun fasilitas untuk para IKM sehingga dapat menghasilkan hasil yang lebih nyata dan lebih berdaya guna bagi para IKM. Acara FGD juga diisi oleh testimoni dari PT Kampung Kearifan Indonesia, perusahaan penerima Fasilitas KITE IKM.

Setelah mengikuti acara ini diharapkan IKM mendapat bekal yang cukup untuk dapat menyiapkan dan menggerakan usahanya agar bisa diekspor dan bisa mendapatkan fasilitas KITE IKM yang disediakan pemerintah. Bagi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai pada umumnya dan Bea Cukai Bekasi pada khususnya, kegiatan FGD fasilitas KITE IKM ini merupakan milestone untuk dapat bergerak maju dengan data yang lebih valid guna memperoleh pengusaha IKM potensial yang akan didampingi hingga bisa memperoleh fasilitas KITE IKM.

Bea Cukai Bekasi bangga bisa melayani semua kelompok usaha. Bea Cukai Bekasi BISA.

#BeaCukaiMakinBaik

#BeaCukaiBekasiBisa

#KITEIKMmendukungEksporIndonesia

 


Berita Lainnya



   Hak Cipta KPPBC Tipe Madya Pabean A BEKASI @2016
Jalan Sumatera Blok D-5, Kawasan Industri MM2100, Cikarang Barat, Bekasi