Jl. Sumatera Blok D-V Kawasan Industri MM2100, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi

Bentuk Komunitas Anti Korupsi; Bea Cukai Bekasi Adakan Penandatangan Komitmen Pengendalian Gratifikasi

  • Ageng Putra Wantoro
  • 30 May 2023
  • 235 dilihat

Bekasi (26/05).  Bea Cukai Bekasi mengundang para Stakeholders yang berada di bawah pengawasan Bea Cukai Bekasi dalam rangka mendukung upaya pemberantasan tindak pidana korupsi di lingkungan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, khususnya di KPPBC TMP A Bekasi. Tidak kurang dari 40 orang pimpinan tinggi perusahaan hadir  langsung, sedangkan pimpinan perusahaan lainnya mengikuti secara darling. Acara dimulai pukul 09.00 WIB di Aula Cibitung Bea Cukai Bekasi dibuka dengan sambutan dari Kepala Kantor Bea Cukai Bekasi, Yanti Sarmuhidayanti.

“Kami berharap dengan penandatanganan komitmen ini bisa menumbuhkan integritas kita baik Stakeholders maupun pegawai di Bea Cukai Bekasi karena gratifikasi berdampak negatif terhadap masyarakat maupun instansi Bea Cukai, lebih jauh lagi jika seluruh komponen bersepakat dengan mendukung gerakan ini maka akan secara bersama membentuk komunitas anti korupsi” Pungkas Yanti,

Acara dilanjutkan dengan pemaparan bahan materi pengendalian gratifikasi oleh Kepala Seksi Kepatuhan dan Internal, Asep Rulli Binawan Hidayat.

Asep  menjelaskan  dasar hukum gratifikasi adalah UU 31/1999 juncto UU 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi yang menyebutkan bahwa ada 30 jenis tindak pidana korupsi dan pada dasarnya dapat dikelompokkan menjadi 7, salah satunya Gratifikasi.

Kegiatan diakhiri dengan penandatanganan Komitmen Pengendalian Gratifikasi oleh pimpinan perusahaan yang disaksikan langsung oleh Kepala Kantor Bea Cukai Bekasi. Acara ini merupakan bukti simbolik komitmen bersama dan sekaligus dukungan dari seluruh pimpinan baik  Bea Cukai Bekasi mupun para stakeholders-nya untuk mendukung pengendalian gratifikasi sesuai dengan tema acara “STOP GRATIFIKASI DEMI BEA CUKAI BEKASI BERSIH DAN MELAYANI.” (*)